Menghargai orang lain

Menghargai merupakan sifat yang indah, dimana kita saling menghormati satu sama lain untuk menjaga suatu tindakan, perbuatan maupun ucapan yang dapat melukai perasaan seseorang. Salah satu manfaat dari menghargai orang lain yaitu hidup ini terasa lebih bermakna, mungkin karena adanya mawas diri , peka terhadap emosional orang lain dan rendah hati semua harus dilakukan dengan hati yang ikhlas.

Bagaimana jika kita tidak dihargai orang lain? tentunya kita merasa kecewa dan sedih. Tetapi kita bisa melakukan banyak hal dalam mengambil suatu tindakan, tetap berfikir positif, hormati dan hargai ucapan sesorang. Semangatlah dalam berbuat kebaikan terhadap orang lain Karena suatu saat orang lainpun akan sebaliknya bertidak baik kepada anda. Tetapi ingat hargailah orang lain, tapi jangan membenarkan sesuatu yang salah.

Saling membutuhkan ternyata kita semua saling menguntungkan, kenapa tidak? adakala seseorang dosen dengan mahasiswanya , misalnya mahasiswa merasa diuntungkan karena ada dosen yang mau berbagi ilmu dan ketrampilan. Sebaliknya, dosen juga merasa diuntungkan karena ia dapat membagikan ilmunya dan ketrampilan kepada orang lain juga mendapatkan income dari hasil kerjanya.

Sifat manusia memang berbeda tetapi ada saatnya kita memahami kriteria orang lain, dari situ kita dapat memahami cara untuk menghormati orang lain dari beriskap adil, tidak mengejek , menghormati pendapat orang lain, memberikan dukungan , peka akan perasaan orang lain, tidak memaksa orang lain dan masih banyak hal lainnya yang perlu dipahami. Saran dari penulis jika kita menjalani suatu kehidupan dengan baik maka kelak akan mendapatkan apa yang telah kita berikan kepada orang lain yaitu kebaikan yang tulus.

Selamat menggali ilmu semoga bermanfaat
Untuk pertanyaan, Saran dan kritik silahkan tinggalkan balasan di kolom komentar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s