Teori Komputasi

Teori Komputasi merupakan cabang ilmu Komputer dan Matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi dengan menggunakan aloritma.

Teori Komputasi ini sendiri adalah sebuah masalah dalam dunia yang berbasis dari cabang ilmu computer yang bisa diselesainkan dengan algoritma, dari masalah tersebut terdapat langkah – langkah dari permasalahan disebut algoritma. Teori Komputasi ini biasanya digunakan oleh ilmual sains , maka dari itu ada yang dinamakan komputasi sains, yang merupakan salah satu cabang ilmu komputasi. secara umum komputasi sains mengkaji aspek=aspek komputasi untuk aplikasi / memecahkan masalah dibidang sains lain seperti fisika, kimia, biologi dan lain – lain.

Berikut ini Implementasi yang diterapkan dalam tiao tiap bidangnya yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari :

Bidang Fisika  Computational Physics (Fisika) – Mempelajari implementasi algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada.
Bidang Biologi , Bioinformatics (Biologi) – Merupakan sebuah aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler.
Bidang Matematika , Contoh penggunaannya adalah program Mapple, dapat menyelesaikan banyak perhitungan yang ada pada bidang matematika.
Bidang Ekonomi , Terdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.
Bidang Geologi , Pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam Tanah

Kesimpulan dari artikel pembahasan Teori Komputasi ialah bahwa teknologi Komputasi teori komputasi tidak hanya untuk kalkulasi perhitungan saja tetapi sudah diterapkan ke bidang yang lain.

Selamat menggali ilmu semoga bermanfaat…
Untuk pertanyaan, Saran dan kritik silahkan tinggalkan balasan di kolom komentar.

sumber : https://cinoyraz.wordpress.com/2013/05/01/apa-itu-teori-komputasi-berserta-implementasinya/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s